nusakini.com - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, mengatakan bahwa saluran irigasi yang baik menjadi faktor penentu meningkatnya hasil produksi di sektor pertanian.

“Saluran irigasi itu sangat penting, kalau saluran irigasinya enggak baik, maka produktivitas hasil pertanian pun pasti menurun,” ujar Amran, Rabu (10/8/2016), di Jakarta. 

Karena itu, untuk menjaga kestabilan produksi pangan, Amran meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk melakukan normalisasi infrastruktur di sejumlah daerah. 

Sebab, berdasarkan temuan lapangan Kementerian Pertanian, irigasi di beberapa daerah seperti Indramayu, Subang, Kabupaten Batubara, dan Aceh Barat perlu dinormalisasi. “Ini untuk menghindari kerugian yang signifikan,” tegas Amran. 

Amran menyebut, ada bendungan dengan debit air yang bagus di Aceh, tetapi sawahnya tidak ada. Begitu pula di Papua, ada waduk bagus tetapi tidak ada irigasi primer dan sekunder untuk mengairi lahan di sekitarnya. 

“Langkah ini perlu diambil untuk menciptakan kondisi pangan yang lebih baik. Jadi, normalisasi irigasi penting dilakukan di seluruh daerah daripada membuka lahan baru yang membutuhkan lebih banyak biaya dan waktu,” pungkas Amran. (Ifm/mk)